Kayu Trembesi atau Suar ? Inilah Kelebihan dan Keunikannya !
Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 WIB, Minggu Libur
Beranda » Informasi Terbaru » Kayu Trembesi atau Suar ? Inilah Kelebihan dan Keunikannya !

Kayu Trembesi atau Suar ? Inilah Kelebihan dan Keunikannya !

Diposting pada 5 January 2021 oleh sejati_jepara

Kayu trembesi atau suar adalah salah satu jenis kayu yang mulai ramai digunakan untuk pembuatan ragam produk mebel Jepara. Kini mulai banyak para pembeli mebel Jepara yang menyukai produk mebel dengan menggunakan material kayu jenis ini. Lalu sudah tahukah anda tentang kayu trembesi atau suar ini ? Jika mungkin anda belum tahu simak ulasan kami berikut ini.

Kayu-rembesi-atau-Suar-Jepara

Gambar oleh Sejatijepara.com

Apa itu Kayu Trembesi atau Suar ??????

Pohon trembesi adalah jenis pohon yang tersebar di daerah tropis dan sub tropis yang berasal dari kawasan Peru, Meksiko dan Brazil. Meski berasal dari benua Amerika, pada kenyataannya pohon ini mampu beradaptasi dan tumbuh dengan baik di wilayah lainnya.

Selain trembesi, Pohon ini juga memiliki nama lainnya yakni ; Suar, Kihujan, Baujan, Munggur, Kayu-Ambon, Kayu Saman dan beberapa lainnya. Kayu trembesi memiliki pohon yang besar dan tumbuh cepat. Pohon Trembesi dapat tumbuh dengan cepat dan berumur panjang dengan ketinggian pohon yang bisa mencapai 20 meter lebih. Nama latin pohon trembesi ini adalah Samanea Saman (Rain Tree) dan pohon ini banyak ditemukan dihutan tropis Indonesia.

Kayu trembesi memiliki pohon dengan permukaan batangnya berwarna coklat kehitaman, beralur dan kasar. Pohon ini memiliki tajuk lebar dan rindang. Trembesi memiliki cabang yang tak beraturan denagn warna kecoklatan jika semakin tua. Oleh sebab itu bentuk dahan trembesi jarang sekali seragam antara satu pohon dengan pohon lainnya.

Kelebihan

Berikut ini merupakan kelebihan yang dimiliki oleh pohon kayu trembesi atau suar yang wajib anda ketahui ;

  • Pohon Trembesi atau suar memiliki manfaat untuk lingkungan terutama membantu reboisasi hutan maupun untuk penghijauan. Karena pohon ini dikenal dengan kemampuan daunnya yang dapat menyerap CO2 secara maksimal. Pohon ini juga merupakan salah satu pohon yang dapat memperbaiki kualitas udara di sekelilingnya.
  • Dikenal dengan akar pohonnya yang dapat membantu penyerapan air secara maksimal. Sehingga mendukung persediaan air dalam tanah untuk lingkungan di sekitar.
  • Karena memiliki daun yang cukup rindang pohon ini dapat menjadi pohon untuk berteduh dari sinar matahari.
  • Akar trembesi dipercaya dapat mencegah risiko kanker. Caranya adalah dengan menambahkan ekstrak akar trembesi ke air mandi.
  • Menurut penelitian, pohon trembesi mampu menyerap karbondioksida sebesar 28.442 kg per pohon setiap tahunnya.
  • Daun trembesi juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit kulit seperti gatal-gatal. Serta ekstrak daunnya juga memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan mikrobakterium tuberculosis yang menjadi penyebab sakit perut.

Keunikan

  • Pohon trembesi memiliki kemampuan menyerap 28,5 juta ton karbondioksida tiap tahun. Jumlah ini sangat banyak, karena jika dibandingkan dengan pohon biasa yang rata-rata hanya menyerap 1 ton karbondioksida selama 20 tahun masa hidupnya.
  • Usia trembesi dapat mencapai 600 tahun. Namun, terdapat pendapat lain yang mengatakan hanya 100 tahun saja. Meskipun begitu, siklus hidup tersebut termasuk panjang dan diatas rata-rata pohon lainnya.
  • Jangkauan maksimal bentangan trembesi dewasa mencapai 30 meter.
  • Lebatnya daun-daun trembesi dapat menurunkan 3 – 4 derajat Celcius suhu udara di lingkungan sekitarnya.
  • 9 keunggulan utama trembesi adalah: kokoh, besar dan lebar, mudah tumbuh, memiliki tajuk penetes air, teduh karena berkanopi lebar, menyerap karbon dalam jumlah besar, berbunga dan berbuah, berkhasiat obat.
  • Penanaman trembesi diharapkan dapat mereduksi emisi karbon sebanyak 26%.
  • Sejak tahun 2010 pemerintah melakukan program 1 juta pohon bibit trembesi untuk setiap provinsi. Ini dilakukan sebagai bagian dari “proyek” penanaman 1 miliar pohon.
  • 250 trembesi dari 1.099 pohon yang akan ditanam mengganti 1.099 pohon yang ditebang untuk pembangunan jalur MRT.
  • 2.767 pohon trembesi telah ditanam di sepanjang jalan Semarang – Kudus dan diperkirakan mampu menyerap CO2 sebanyak 78.826.296 kg per tahun.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan kepada anda seputar kayu trembesi atu suar termasuk juga kelebihan dan keunikannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Anda juga dapat menghubungi kami secara langsung untuk mendapatkan informasi lebih lengkap lagi perihal informasi tentang kayu trembesi atau suar.

Baca Informasi dan Berita Sebelumnya :

Bagikan informasi tentang Kayu Trembesi atau Suar ? Inilah Kelebihan dan Keunikannya ! kepada teman atau kerabat Anda.

Kayu Trembesi atau Suar ? Inilah Kelebihan dan Keunikannya ! | SEJATI JEPARA

Belum ada komentar untuk Kayu Trembesi atau Suar ? Inilah Kelebihan dan Keunikannya !

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

 

sejati-jepara-penjual-mebel-jepara

merupakan salah satu penjual mebel minimalis dan ukiran Jepara berkualitas dan terpercaya, Guna untuk memenuhi kebutuhan interior furniture anda. SEJATI JEPARA siap melayani pemesanan produk mebel untuk pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia dan luar negeri dengan cara mudah dan proses yang cepat.

Hubungi Kami :

Workshop :
Desa Krapyak Rt.3 / Rw. 08 , Kec. Tahunan Kab. Jepara – Jawa Tengah
Ph. / Whatsapp :
+62-81229997394
E-mail :
sejatijepara@gmail.com
Website :
www.sejatijepara.com

Open chat
Butuh Bantuan ? Chat Whatspp Sekarang
Hallo, Apakah ada yang dapat kami bantu ?
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan