Jenis Finishing Mebel Jepara yang Banyak Digunakan - SEJATI JEPARA
Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 WIB, Minggu Libur
Beranda » Informasi Terbaru » Jenis Finishing Mebel Jepara yang Banyak Digunakan

Jenis Finishing Mebel Jepara yang Banyak Digunakan

Diposting pada 23 December 2020 oleh sejati_jepara

Jenis finishing mebel Jepara terbilang banyak sekali. Hal tersebut dikarenakan banyaknya model atau tema furniture yang akan anda jumpai pada saat berbelanja produk mebel kepada para penjual mebel Jepara. Dan keseluruhan tema atau model mebel tersebut mempunyai ciri karakter yang berbeda-beda untuk jenis finishing mebel yang digunakan.

Finishing-Kayu

Gambar Oleh pinterest

Sudahkah anda tahu tentang jenis finishing mebel yang dipakai untuk memproduksi ragam produk mebel di Jepara ?. Jika anda belum mengetahui akan hal tersebut maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tersebut. Silahkan simak ulasan dibawah ini untuk lebih lengkapnya ;

Jenis Finishing Mebel Jepara yang Banyak Digunakan

1. Melamine ( ML )

produk mebel Jepara yang menggunakan finishing jenis melamine memiliki permukaan yang sangat halus. Hal tersebut dikarena pori-pori kayu yang tertutup oleh lapisan melamine dan kami menyebutnya dengan istilah ( close pore ). Jenis tergolong cukup tahan akan panas dan air. Namun finishing ini akan menimbulkan bau yang sangat menyengat pada saat dan sesudah pengaplikasiannya. Meskipun lambat laun akan berangsur-angsur menghilang dalam beberapa hari.

Jenis finishing ini sudah mulai banyak ditinggal oleh para pembeli mebel dari Eropa dan Amerika yang berbelanja produk mebel di Jepara. Hal tersebut dikarenakan mereka menganggap jenis finishing ini sangat tidak ramah lingkungan. Anda akan banyak menjumpai jenis finishing ini pada market mebel untuk pasar lokal dan mungkin beberapa negara di Asia seperti; Malaysia dan Singapore.

2. Nitrocellulose (NC)

Yakni suatu material finishing mebel Jepara yang dibuat dari bahan NC dan thiner tanpa adanya campuran cairan pengering ( hardener ). Sehingga membentuk suatu lapiran finishing yang tahan terhadap panas dan air namun tidak cukup kuat tahan akan goresan. Banyak para pembeli dari luar negeri dan di Indonesia yang lebih cenderung suka menggunakan jenis finishing ini karena kesan kehalusan natural yang diberikan oleh jenis finishing ini.

3. Polyurethane (PU)

Yakni merupakan penyempurnaan dari finishing melamine ( ML ) dengan lapisan finishing yang sangat tebal dibandingkan jenis finishing lainnya. Lapisan finishing hampir menyerupai plastik yang melapisi seluruh permukaan mebel yang yang menggunakan jenis finishing ini. Polyurethane adalah jenis finishing yang tahan air dan panas dan juga tahan akan goresan benturan. Dengan lapisan film yang tebal dan daya rekat yang kuat membuat produk mebel Jepara menjadi sangat awet dengan warna yang tidak mudah pudar.

Jenis finishing polyurethane ini banyak digunakan SEJATI JEPARA untuk memproduksi ragam produk mebel Jepara dengan standard kualitas premium. Hal tersebut dikarena jenis finishing ini tergolong paling mahal jika dibandingkan dengan jenis finishing lainnya seperti melamine dan nitrocellulose.

4. Teak Oil

Finishing ini menggunakan bahan dasar finishing kayu yang sangat sederhana dan anda dapat dengan mudah untuk mengaplikasikannya. Anda dapat melakukannya dengan cara menggunakan kain bersih dan kemudian menuang cairan teak oil kekain tersebut. Dan kemudian anda dapat mengoleskannya pada furniture yang akan di finishing.

Atau anda juga dapat menggunakan bantuan kuas untuk mengoleskan cairan teak oil tersebut pada permukaan kayu. Sehingga cairan dapat masuk secara maksimal kedalam pori-pori kayu yang difinishing. Jenis finishing teak oil banyak digunakan pada produk mebel luar ruangan ( outdoor furniture ) di Jepara.

5. Natural Wax

Jenis natural wax ini biasa ditemukan dalam bentuk pasta dengan kekentalannya sengaja dibuat untuk mempertahankan tampilan natural produk mebel kayu Jepara. Dengan menggunakan jenis finishing ini produk mebel Jepara akan terlihat natural alami tanpa adanya bantuan warna apapun.

Hal tersebut tentu berbeda dengan jenis finishing melamik. Natural wax tidak mengeluarkan bau yang tajam dan terbuat dari bahan non-toxic. Namun ada yang disayangkan dalam penggunaan jenis finishing ini. Natural wax ini memiliki tingkat kehalusan yang tinggi sehingga tidak memberikan perlindungan yang kuat pada produk mebel Jepara yang menggunakan jenis finishing ini.

6. Pernis

Pernis sudah banyak digunakan sejak lama untuk melapisi produk mebel di Jepara dan juga produk interior lainnya. Dengan harga yang terbilang murah dan proses pengaplikasian yang sangat mudah. Anda dapat menggunakan kuas dan mengoleskan secara merata pada permukaan mebel yang akan dilapisi. Namun sebelum melakukan proses tersebut hendaklah melakukan proses amplas terlebih dahulu. Untuk memastikan permukaan dalam kondisi halus dan rata. Sehingga finishing yang dihasilkan dapat maksimal.

Namun seiring perkembangan waktu penggunaan pernis banyak mulai ditinggalkan oleh para penjual mebel di Jepara. Hal tersebut dikarenakan pernis dianggap tidak mampu memberikan tampilan keawetan. Dengan berjalannya waktu permukaan kayu atau furniture mudah terlihat memudar dan kusam. Sehingga menuntut kita untuk selalu memberi lapisan pernis ulang lagi.

7. Politure

Politur merupakan finishing yang menggunakan bahan dasar shellac (serlak). Biasanya dalam bentuk serpihan atau juga patahan. Dan kemudian dilarutkan dengan alkohol untuk selanjutnya digunakan. Pengaplikasian politur dapat dilakukan menggunakan secara semprot atau bisa juga secara manual dengan memoleskan politur dengan kain ke furnitur kayu.

Pemolesan kayu pada permukaan furnitur secara berkala bertujuan untuk mendapatkan lapisan tipis transparan (film). Semakin banyak polesan yang dilakukan secara berkala dan berulang kali dapat membuat lapisan politur pada kayu menjadi lebih tebal dan indah. Tampilannya yang bening megkilat sangat cocok untuk penyuka gaya alami dan tradisional ataupun penyuka gaya ekspos material dan rustic.

8. Cat Duco

Yakni finishing yang menggunakan bahan cat sebagai material utama dalam proses tahapan finishingnya. Finishing ini tidak hanya menambah unsur kemewahan pada produk mebel. Namun juga dapat menutupi kekurangan material kayu yang digunakan untuk memproduksi produk tersebut. Karena keseluruhan permukaan tertutup oleh pesona keindahan warna cat duco yang digunakan.

9. Waterbased

Yakni salah satu jenis finishing yang dianggap sebagai jenis finishing yang paling ramah lingkungan. Hal tersebut dikarenakan dalam pengaplikasiannya menggunakan campuran air murni dan tidak ada campuran bahan kimia apapun. Jenis finishing ini banyak disukai oleh para kosumen dari Eropa dan America yang berbelanja produk mebel di Jepara.

SEJATI JEPARA juga menggunakan jenis finishing waterbase sebagai finishing yang wajib dipakai untuk proses pembuatan pesanan mebel untuk kebutuhan anak-anak. Hal tersebut kami lakukan sebagai langkah terbaik kami dalam memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan kami.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Dan semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita bersama tentang serba serbi produk mebel Jepara.

Baca artikel sebelumnya ;


Bagikan informasi tentang Jenis Finishing Mebel Jepara yang Banyak Digunakan kepada teman atau kerabat Anda.

Jenis Finishing Mebel Jepara yang Banyak Digunakan | SEJATI JEPARA

Belum ada komentar untuk Jenis Finishing Mebel Jepara yang Banyak Digunakan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

 

sejati-jepara-penjual-mebel-jepara

merupakan salah satu penjual mebel minimalis dan ukiran Jepara berkualitas dan terpercaya, Guna untuk memenuhi kebutuhan interior furniture anda. SEJATI JEPARA siap melayani pemesanan produk mebel untuk pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia dan luar negeri dengan cara mudah dan proses yang cepat.

Hubungi Kami :

Workshop :
Desa Krapyak Rt.3 / Rw. 08 , Kec. Tahunan Kab. Jepara – Jawa Tengah
Ph. / Whatsapp :
+62-81229997394
E-mail :
sejatijepara@gmail.com
Website :
www.sejatijepara.com

Open chat
Butuh Bantuan ? Chat Whatspp Sekarang
Hallo, Apakah ada yang dapat kami bantu ?
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan